E COMMERCE TASK 2: (AMAZON VS eBAY).COM

Analisis webshop Amazon.com dan eBay.com

Secara umum, keduanya menyediakan fasilitas bagi pengguna website tersebut untuk melakukan kegiatan ekonomi melalui internet. Hanya saja keduanya memiliki karakteristik masing-masing dalam usaha untuk mendapatkan pelanggan. Amazon.com menambahkan layanan bagi pengguna untuk melakukan penilaian ataupun mengomentari (review) link untuk masing-masing produk. Amazon juga menyediakan “Search Inside the Book”, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna menggunakan key words atau bahkan sebuah teks untuk mencari buku dalam katalog. Berbeda dengan eBay.com yang memanfaatkan akun pembayaran tersendiri, yaitu melalui PayPal, Amazon menangani setiap transaksi sendiri.
Ebay.com memiliki banyak jenis produk yang ditawarkan. Tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, bahkan produk yang dijual kembali oleh pemiliknya pun tersedia. Ebay juga menyediakan beberapa produk langka dan sangat bernilai. Segala macam produk ditawarkan selama produk tersebut bukan merupakan produk ilegal. Tidak hanya produk dalam bentuk barang saja, ternyata jasa pun dapat ditawarkan. Sistem pembeliannya pun dapat melalui sistem lelang. Sangat berbeda dengan Amazon.com.
Secara mendetail dapat dilihat perbedaan dan persamaan keduanya :
• Persamaan antara kedua webshop tersebut dilihat dari :
1. Waktu loading yang cepat
2. Ketersediaan informasi yang jelas
Kedua webshop tersebut sama-sama menyediakan informasi yang jelas pada halaman web mengenai isi web (yang merupakan webshop). Keduanya menyediakan link yang menuju halaman-halaman lain pada web yang berkaitan dengan barang yang diinginkan pengunjung.
3. Desain dengan struktur yang tepat
Keduanya memiliki header, footer, menu navigasi dan blok iklan dan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga tidak membingungkan pengguna dengan tampilan yang berubah-ubah. Keduanya menerapkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan pada setiap pengunjung untuk mengeksplorasi masing-masing web.
• Perbedaan keduanya terletak pada :
1. Tampilan web
Masing-masing membuat sebuah user interface yang sesuai dengan karakteristiknya.
2. Barang yang ditawarkan
Berbeda dengan Amazon.com, eBay.com juga menawarkan produk dalam bentuk jasa, dan juga barang-barang yang dijual kembali oleh pemiliknya.
3. Kegiatan di dalamnya
Ebay.com menyediakan sistem lelang barang bagi para pengguna, sedangkan Amazon.com tidak.
4. Pengelolaan transaksi
EBay.com menggunakan akun PayPal untuk melakukan pengelolaan transaksi, sedangkan Amazon.com mengelola segala transaksi sendiri.
Sumber : http:// http://www.wikipedia.com

Tinggalkan komentar